Halo sobat MIPA! Gimana nih kabaranya? Bagaimana dengan perkuliahannya? Pasti seru ya. Tetap semangat ya sobat MIPA meskipun terbantai laprak dan tugas lainnya. Oh iya sobat, pasti beberapa dari sobat MIPA bertanya-tanya Kenapa orang yang terdampar di laut tidak dapat meminum air meskipun kehausan?
Beberapa dari sobat MIPA mungkin sudah tahu jawabannya, kali ini Ilmu Pedia akan membagikan jawabannya bagi sobat MIPA yang belum tahu. Check it out!!!!

Air laut mengandung senyawa garam murni (NaCl) yang tinggi dari jumlah total keseluruhan air laut. Air laut dapat digunakan sebagai air minum setelah melalui suatu proses, yaitu dengan cara destilisasi (penyaringan) yang bertujuan untuk menghilangkan kadar garam yang tinggi. Karena mengandung banyak garam otomatis air laut terdapat molekul air dan molekul garam. Sobat MIPA Ada yang tau gak, Apa sih molekul air dan molekul garam itu? yuk Ki simak penjelasannya!
Molekul air adalah air yang tersusun dari dua atom hidrogen yang berikatan secara kovalen dengan satu atom oksigen. Air secara fisik tidak memiliki warna, tidak berasa, dan tidak berbau. Sedangkan molekul garam dikenal sebagai natrium klorida (NaCl), yang terdiri dari satu atom natrium dan satu atom kalor yang terikat bersama. Perbedaan utama antara kedua molekul ini yaitu terletak pada komposisi kimia dan unsur penyusunnya, garam merupakan senyawa ionik, sedangkan air merupakan senyawa kovalen.

Atom | Renungan Renungan

Oh iya kita akan bahas pertanyaan yang ada diawal tadi ya sobat MIPA Kenapa orang yang terdampar dilaut tidak dapat meminum air laut meskipun kehausan? dan bisa membuat kita dehidrasi lohhh!!!
Hal itu terjadi karna perlakuan molekul air yang disebut osmosis. Osmosis adalah proses perpindahan molekul air atau zat pelarut, dari pelarut berkonsentrasi rendah ke dalam bentuk larutan berkonsentrasi tinggi. Osmosis terjadi setiap harinya dalam tubuh kita, sel-sel kita menyerap melalui osmosis. Begitu juga cara akar tumbuhan menyerab air dari tanah.

Akhirnya sudah terjawab ya sobat MIPA mengenai pertanyaan tadi. Dapat disimpulkan bahwa kita akan semakin haus ketika meminum air garam. Karena molekul garam akan menarik molekul air keluar dari sel tubuh kita, sehingga membuat kita mengalami dehidrasi.