ADVOCACY DAY

  Advocacy Day adalah salah satu program kerja yang dilakukan oleh BEMF MIPA Universitas Jember yang berfungsi untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terkait pelaksanaan advokasi di FMIPA dan kepekaan serta kepedulian terhadap isu-isu global yang berkembang, sampai saat ini. Advocacy Day dilaksanakan pada tanggal 9 dan 10 April 2022 secara online melalui zoom meeting yang diikuti oleh mahasiswa FMIPA Universitas Jember. Kegiatan ini mengusung tema “Revitalisasi Advokasi untuk Membangkitkan Kembali Semangat Generasi Muda dalam Pendidikan yang Berkarakter, Kritis, dan Kompetitif di Era New Normal Secara Berimbang dan Berkelanjutan”.

  Kegiatan Advocacy Day pada hari pertama berupa pemaparan pemateri dari beberapa narasumber. Pemaparan pertama mengenai usulan pendanaan kegiatan mahasiswa tingkat fakultas MIPA Universitas Jember oleh oleh ibu Purwatiningsih, S.Si. Ph.D selaku Wakil Dekan II FMIPA Universitas Jember. Lalu, dilanjutkan dengan materi yang kedua mengenai alur birokrasi di FMIPA akan disampaikan oleh bapak Dr. Edy Supriyanto, S.Si., M.Si. selaku Wakil Dekan III FMIPA Universitas Jember. Selanjutnya, materi mengenai penyelesaian advokasi akan disampaikan oleh saudara Ryan Andersen S.Si selaku Ketua Umum BEMF MIPA 2020. Selanjutnya, materi terakhir mengenai penyelesaian advokasi di FMIPA akan disampaikan oleh saudara Muhammad Davan Fernanda selaku Ketua Umum BPMF MIPA 2022.
  Kegiatan Advocacy Day pada hari kedua berupa diskusi interaktif mengenai “Pentingnya Advokasi bagi Gen Z dalam Pemulihan Ekonomi di Masa Pandemi COVID-19”. Diskusi interaktif ini melibatkan tiga fasilitator tersebut diantaranya yaitu Cindy Ulul Azmi Munir selaku Duta GenRe Jawa Timur 2021, Ali Ausath selaku Presiden BEM FISIP 2021, dan Rendi Afif selaku Ketua HMJM FEB Universitas Jember 2022. Diskusi ini terkait pandangan fasilitator sesuai dengan latar belakang yang dimiliki.

  Pelaksanaan Advocacy Day ini berupa pemaparan materi dan diskusi interaktif yang bertujuan untuk membangkitkan kembali semangat mahasiswa untuk berani menyampaikan aspirasinya dalam kegiatan penyampaian aspirasi yang dilaksanakan oleh BPMF MIPA Universitas Jember. Akhir kegiatan ini ditutup dengan pengisian link kuisioner dan link aspirasi Bulan April 2022. Harapannya peserta dapat melakukan aksi nyata dengan menyampaikan gagasan atau aspirasinya secara langsung setelah kegiatan ini berakhir.