Advocacy Day adalah salah satu program yang diselenggarakan oleh Kementerian Advokesma dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang praktek advokasi di FMIPA. Kegiatan Advocacy Day diperuntukkan bagi para mahasiswa FMIPA Universitas Jember. Kegiatan ini melibatkan pembahasan pelaksanaan advokasi, proses birokrasi di lingkungan FMIPA dan penyelesaian masalah advokasi dibawah FMIPA. Kegiatan ini juga melibatkan pembahasan aktif tentang topik yang sedang berkembang. Pelaksanaan acara ini dilakukan sebagai jawaban terhadap minimnya pemahaman mahasiswa tentang advokasi serta kekurangannya pengetahuan tentang tata cara dan prosedur birokrasi. Kegiatan ini diharapkan mampu untuk membuat warga FMIPA peka terhadap isu-isu yang ada di fakultas sehingga berani menyuarakan melalui aspirasi yang selanjutnya di advokasikan oleh BEM FMIPA. Kegiatan ini juga diharapkan mampu membuat mahasiswa lebih aktif dan berpikir kritis dalam menyampaikan aspirasinya untuk membangun FMIPA dengan berbasis sumber daya manusia yang lebih baik lagi.

Advocacy Day dilaksanakan selama satu hari, yaitu pada tanggal
23 Maret 2024 sesuai dengan TOR yang telah diajukan. Kegiatan dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan presensi peserta dan dilanjut dengan kegiatan Opening Ceremony, sambutan-sambutan, dan doa. Acara selanjutnya yaitu penyampaian 2 materi, materi pertama (Pengenalan Dasar Advokasi dan Penyelesaian Advokasi) yang disampaikan oleh Saudara Royhand Saidi, S.P. Materi kedua (Alur Birokasi FMIPA dan Penyelesaian Advokasi di FMIPA) yang disampaikan oleh pihak BPPM dan BEM yaitu Nurissa Qurrotu Aini dan Siti Fatimah, selain pemaparan materi juga dilakukan sesi diskusi pada setiap topik yang disampaikan. Acara ini menjelaskan alur birokasi di FMIPA, yang nantinya dapat membantu mahasiswa untuk mengetahui bagaimana sebuah aspirasi disalurkan. Acara kemudian diakhir dengan pengisisan soal kuisioner oleh peserta yang bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman materi yang telah disampaikan. Hasil kuisioner menunjukkan mahasiswa FMIPA juga sudah mulai menambah pengetahuan dan wawasan terkait advokasi serta alur birokasi di lingkungan FMIPA.

Kegiatan Advocacy Day dilaksanakan pada tanggal 23 Maret
2024. Kegiatan ini meliputi pemaparan materi dan sesi diskusi antar mahasiswa dengan fasilisator. Acara ini membahas mengenai dasar-dasar advokasi. Kegiatan berlangsung dengan lancar, serta mahasiswa yang mengikuti kegiatan aktif bertanya mulai dari awal hingga berakhirnya acara. Materi pertama yang disampaikan adalah pengenalan dasar advokasi dan penyelesaian advokasi yang disampaikan oleh Saudara Royhand Saidi, selaku Alumni Fakultas Pertanian Universitas Jember, materi yang kedua mengenai alur birokasi di FMIPA dan penyelesaian advokasi di FMIPA, yang disampaikan oleh Nurissa Qurratu Aini dan Siti Fatimah, selaku Mahasiswa FMIPA Universitas Jember