Matematika Teknologi

Halo Sobat MIPA!

  Pernah gak sih di pikiran terlintas pertanyaan gini “sebenernya terapan matematika dalam kehidupan sehari-hari itu apa sih? kok jarang ada ya? atau jangan-jangan ada banyak tapi kita yang gatau”. Nah, jadi gini ya sobat MIPA, terapan matematika dalam kehidupan sehari-hari itu sebenarnya banyak, tapi mungkin karena matematika sering dikaitkan dengan “angka”, jadi sobat MIPA kurang tau terapan matematika selain “angka” seperti logika, algoritma, dan lain-lain.

  Matematika berperan sangat penting loh dalam perkembangan teknologi di zaman sekarang ini. Pesatnya perkembangan teknologi tak lepas dari peran matematika. Teknologi sekarang ini sudah bukan kebutuhan, melainkan beriringan dengan kehidupan manusia. Peran matematika dalam pesatnya perkembangan teknologi yaitu sebagai dasar pemrograman komputer, hitungan dalam pengembangan alat canggih, dan lain-lain.

  Logika fuzzy adalah cara mudah untuk memetakan ruang input ke ruang output. Dalam sistem yang sangat kompleks, solusinya adalah dengan penggunaan logika fuzzy. Sistem tradisional dirancang untuk menggerakkan satu output dari beberapa input independen. Karena independensi ini, penambahan masukan baru mempersulit proses pengarahan dan memerlukan penghitungan ulang semua fungsi. Sebaliknya, menambahkan input baru ke sistem fuzzy, yaitu sistem yang bekerja berdasarkan prinsip logika fuzzy, hanya menambahkan fungsi anggota baru dan aturan terkait. Logika fuzzy ini telah diterapkan dalam berbagai alat yang sangat berguna untuk kegiatan sehari-hari loh, seperti lampu lalu lintas, remot AC, dan lain-lain. Penerapan logika fuzzy pada lampu lalu lintas yaitu dapat mengendalikan kapan warna lampu berubah secara otomatis dengan menggunakan beberapa istilah, sehingga memudahkan pekerjaan polisi lalu lintas dan mengurangi angka kecelakaan.