Aktualisasi Mahasiswa sebagai Social control dan Stock untuk Mengoptimalisasi Kompetensi di Bidang Sains dan Teknologi di Era Sociaty 5.0

  Sekolah kastrat adalah kegiatan untuk menanamkan nilai intelektualitas mahasiswa yang disesuaikan dengan tri dharma perguruan tinggi. Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa diharapkan mempunyai kepedulian, daya kritik, dan daya nalar terhadap isu-isu yang ada di masyarakat. Kegiatan ini bersifat semi seminar yang mendatangkan pamateri yang berkompeten pada bidangnya. Kegiatan Sekolah Kastrat dilaksanakan secara offline di Gedung Biologi Umum yang dilaksanakan pada tanggal 17 Juni 2023 yang diikuti 60 oleh Mahasiswa FMIPA dan Mahasiswa Universitas Jember.

  Kegiatan ini mendatangkan pemateri yang berkompeten dalam bidangnya dari Dosen Universitas Muhammadiyah Jember dan Tim asistensi Ahli Percepatan Pembangunan Kab, Jember Bidang Pariwisata dan Kebudayaan oleh Drs Juhanda M.Par mengenai materi Tanggung Jawab Intelektual Mahasiswa dalam Konteks Gerakan dan Dosen Universitas Jember oleh Bapak Rian Adhivira Prabowo S.Psi., S.H., M.H., M.A mengenai materi Manajemen Kajian Aksi. Pemateri juga memberikan pengetahuan mengenai ketidakadilan yang terjadi di zaman dahulu pada Jerman dan juga pengetahuan pada salah satu paper dari pemateri mengenai Imajinasi Negara Bangsa di Masa Penuh Marabahaya. Pelaksanakan dilakukan dengan registrasi peserta dilanjutkan dengan pembukaan oleh MC selanjutnya ke materi inti yang disampaikan oleh narasumber handal yang telah diundang dan sesi tanya jawab antara peserta dengan narasumber dan akhir acara terdapat pengumuman K-FEST 2023 untuk pemenang 1 yaitu M. Ricy dan .juara kedua yaitu M.Khilman.

  Dapat ditarik bahwa kegiatan Sekolah Kastrat membuktikan bahwa mahasiswa FMIPA dan mahasiswa mampu menciptakan dirinya sebagai orang berpikir kritis dalam memahami permasalahan dalam menanggapi isu-isu yang terjadi di lingkungan sekitarnya. “Mahasiswa sebagai kaum intelektual harus memiliki kesadaran’ untuk tetap maju dan berpikir kritis agar dapat mengoptimalkan dan harus berani untuk berjuang sesuatu yang benar yang dimana sebagai peran dan fungsi mahasiswa sebagai social of control bagi masyarakat dan agen perubahan sosial bagi bangsa dalam berbagai bidang sains dan teknologi serta definisi mahasiswa sebagai social control dan iron stock pada era society harus berani bangkit dari pengalaman sejarah yang pernah ada dan diperlukan belajar dari kekalahan ataupun kegagalan”.

Berikut adalah dokumentasi :