CARA KERJA DETERJEN

  Halo sobat MIPA, gimana nih kabarnya?? Masih aman menghadapi dunia tipu-tipu?? Harus semangat dongg. Mimin mau bagi sedikit inpo nih buat para sobat MIPA seputar deterjen. Nah seperti yang kita semua tahu bahwa deterjen adalah bahan yang biasa kita gunakan untuk mencuci pakaian dan tekstil lainnya. Deterjen dirancang untuk menghilangkan noda, kotoran, minyak, dan berbagai jenis kotoran lainnya yang menempel pada pakaian. Kira-kira bagaimana yaa kerja deterjen hingga bisa menghilangkan berbagai jenis noda di pakaian. Deterjen umumnya terdiri dari bahan-bahan seperti surfaktan, pengikat kotoran, enzim, pemutih, pengharum, dan pengatur pH. Surfaktan adalah bahan yang membantu mengurangi tegangan permukaan air dan memungkinkan deterjen meresap lebih baik ke dalam serat kain, sehingga membantu mengangkat kotoran. Penggunaan deterje ini cukup mudah dan praktis.

  Deterjen ditambahkan pada pakaian yang akan di cuci. Deterjen yang terkena serat kain yang basah akan menybabkan surfaktan dalam deterjen membaur dengan noda dan kotoran yang terikat pada serat kain. Bagian hidrofilik dari surfaktan menghadap ke luar, sementara bagian hidrofobik menghadap ke dalam. Surfaktan membentuk stuktur bola kecil yang disebut misel. Noda pada pakaian akan terperangkap di dalam struktur bola kecil yang dibentuk oleh surfaktan. Misel larut dalam air sehingga mengangkat noda dari serat. Pembentukan misel dipengaruhi oleh konsentrasi kritis misel (CMC). CMC (critical micelle concentration) merujuk pada konsentrasi minimum deterjen di mana misel mulai terbentuk secara signifikan dalam larutan. Pada konsentrasi di bawah CMC, surfaktan dalam deterjen ada dalam bentuk monomer atau molekul individu, sedangkan pada konsentrasi di atas CMC, surfaktan mulai membentuk misel. Umumnya deterjen dirancang dengan konsentrasi jauh diatas CMC untuk memastikan bahwa ada cukup surfaktan yang tersedia untuk membersihkan pakaian atau permukaan dengan baik.

  Nah gimana nih sobat MIPA apakah sudah tergambarkan bagaimana deterjen bekerja memberishkan dosa-dosa di pakaian kita. Jangan takut kotor sobat MIPA karena bola-bola misel siap mengangkat noda di pakaianmu, cara kerja deterjen umunya sama walaupun sobat MIPA laundry, hehe.

Untuk lebih jelasnya dapat dijelaskan di gambar berikut :