Bakti Ramadhan BEM FMIPA 2023 di Panti Asuhan LKSA ASSOFYAN

  Internalisasi yang diselenggarakan oleh kementerian pengembangan organisasi kali ini adalah kegiatan Bakti Ramadhan. Kegiatan ini bekerja sama dengan kementerian sosial dan relasi sebagai inti panitia serta terdapat volunteer dari BPH dan SAB BEM FMIPA 2023. Kegiatan ini dilakukan pada Jumat, 14 April 2023 dengan tema “Bangkit, Bergerak, Mencapai langkah perubahan sambut Ramadhan 1444 H. Kegiatan ini dilakukan secara offline di Panti Asuhan LKSA Assofyan Kecamatan Ambulu.

  Sebelum berangkat ke lokasi, BPH dan SAB BEM FMIPA berkumpul di Fakuktas MIPA Universitas Jember terlebih dahulu untuk diadakan briefing. keberangkatan dikelompokkan menjadi tiga kloter yaitu kloter pertama berangkat pada pukul 14.30 WIB, kloter kedua berangkat pada pukul 16.00 WIB, dan Kloter terakhir yaitu kloter ketiga berangkat pada pukul 17.20 WIB. Perbedaan waktu keberangkatan ini disebabkan karena adanya jadwal perkuliahan yang tidak dapat ditinggalkan. Kemudian dilanjutkan dengan doa dan berangkat ke lokasi pelaksanaan kegiatan. sesampainya di lokasi, acara dilanjutkan dengan shalat ashar terlebih dahulu. Acara dibuka oleh MC yaitu Fatha Nurkarima. Acara selanjutnya yaitu sambutan dari Ketua panitia, Jauharoh Nafizatun Nada serta sambutan dari wakil presiden BEM FMIPA, Cindy Kurnia Putri. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan Panti Asuhan LKSA Assofyan, bapak Muhammad Alwan selaku kepala bidang kerumahtanggaan Panti Asuhan LKSA Assofyan. Selanjutnya terdapat sharing singkat dengan topik pendidikan dalam Islam yang dibawakan oleh Nely susana. Setelah sesi sharing selesai, acara dilanjutkan dengan sesi games. Games yang dimainkan yaitu “ke bulan membawa 12 bulan”, “tepuk berhitung” , “orang ketiga”, dan “1 tahun terdapat 12 bulan untuk jalan – jalan”. Seluruh rangkaian games dipimpin oleh moderator yaitu Puja Dining Rahayu.

  Setelah sesi games selesai, seluruh panitia menyiapkan takjil untuk berbuka bersama sambil menunggu waktu buka puasa. Adzan telah berbunyi, pertanda buka puasa sudah dapat dilakukan. Seluruh hadirin menyantap takjil dengan lahap dan segera menunaikan ibadah shalat. Setelah shalat berjama’ah selesai dilakukan, seluruh hadirin segera menyantap makanan berat yang sudah disediakan. Tiba di penghujung acara, kegiatan ditutup dengan pemberian sedikit rezeki yang sudah dikumpulkan melalui open donasi sebelumnya. Penutupan dilakukan dengan sesi dokumentasi sebagai kenang – kenangan.

  Alhamdulillah Kegiatan ini dapat berlangsung dengan lancar. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan rasa kekeluargaan dan empati BPH dan SAB BEM FMIPA. Kegiatan ini juga dilakukan untuk membantu pembangunan panti asuhan LKSA Assofyan yang akan mendirikan satu panti asuhan lagi dengan tanah wakaf dari warga setempat. Kegiatan ini juga diharapkan mampu memberikan kesan dan pengalaman yang tak terlupakan bagi seluruh hadirin yang mengikuti kegiatan ini.

_________________________
KEMENTERIAN PO X SOSLA
BEM FMIPA UNEJ 2023

#BEMFMIPA2023
#CHAKRABHIPRAYA