Kastrat Festival “Aktualisasi Mahasiswa sebagai Social control dan Iron Stock untuk Mengoptimalisasi Kompetensi di Bidang Sains dan Teknologi di Era Society 5.0”

  Kastrat festival merupakan kegiatan dengan rangkaian acara berupa perlombaan menulis opini terkait isu yang beredar di tingkat fakultas, kampus, maupun masyarakat. Opini yang dikumpulkan berupa essay yang nantinya akan dipresentasikan. Tujuan dari kegiatan ini adalah melatih tingkat kekritisan mahasiswa terkait dengan isu yang beredar dimasyarakat, hal ini juga sebagai sarana mengimplemantasikan peran dan fungsi mahasiswa sesuai dengan tri darma perguruan tinggi sebagai bentuk pengabdian pengawalan isu kepada masyarakat, serta menjadikan sarana pelatihan pengkajian isu dalam bentuk narasi sehingga kegiatan K-FEST yaitu aktualisasi mahasiswa sebagai social control dan stock untuk mengoptimalisasi kompetensi di bidang sains dan teknologi di era sociaty 5.0, agar dapat memudahkan memecahkan masalah sehingga mahasiswa dapat memberikan solusi dan inovasi dalam isu yang beredar dari berbagai bidang IPTEK.

  Kegiatan Kastrat Festival dilaksanakan secara offline yang diawali dengan pendaftaraan peserta di FMIPA. Kegiatan K-Fest dilaksanakan dengan dua tahap yaitu dengan menulis opini melalui lomba essai mengenai isu atau permasalahan yang terjadi dilingkungan kampus, FMIPA, ataupun di masyarakat dalam bidang teknologi, kesehatan, lingkungan, pendidikan, dan ekonomi. Tahap pertama K-FEST diikuti oleh 19 mahasiswa dari berbagai bidang, 1 dari bidang ekonomi, 4 dari bidang kesehatan, 4 dari bidang lingkungan, 1 dari pendidikan, dan 9 dari bidang teknologi. Untuk melanjutkan seleksi presentasi dilakukan penilaian essay dari juri dan dilakukan pengambilan 8 essay dari nilai tertinggi. Tahap kedua adalah tahap presentasi hasil essai yang dilaksanakan secara offline dan dihadiri oleh juri 1 Bapak Ikhsanul Halikin, S.Pd., M.Si dan juri 2 ibu Husnatun Nihayah, S.Si., M. Biomed. Hasil essai dan presentasi dinilai oleh juri. Hasil akhir presentasi akan diseleksi dari 8 finalis dan diumumkan yang meliputi dari juara 1 dan juara 2. Pengumuman pemenang dalam kegiatan K-FEST pada tanggal 17 Juni 2023 saat kegiatan sekolah kastrat.

  Dapat ditarik bahwa kegiatan K-FEST membuktikan bahwa mahasiswa FMIPA merupakan mahasiswa yang berpikir berkritis dalam isu di lingkungan masyarakat, kampus, dan lingkungan FMIPA yang dapat memberikan inovasi dalam penyelesaian isu yang terjadi. Salah satunya ide dari essai peran mahasiswa di era society 5.0 dalam mengatasi permasalahan sampah di lingkungan kampus, dari hal itu mahasiswa dapat memberikan solusi dalam mengatasi sampah di lingkungan FMIPA. Hal ini sesuai dengan era sociaty 5’0 yang menjadi mahasiswa yang kreatif, cerdas, critical thinking, communication dan collaboration.