WORKSHOP KARYA TULIS ILMIAH 2023

  Workshop karya tulis ilmiah 2023 yang disebut WKTI 2023 merupakan kegiatan untuk menambah pengetahuan dan pemahaman mahasiswa FMIPA dalam bidan kepenulisan ilmiah. Acara WKTI merupakan kegiatan kolaborasi antar tiga ormawa yaitu BEM dengan dua HMJ yaitu Himaki Zirkonium dan Himabio Bachteriophage. WKTI 2023 berlangsung secara hybrid yaitu dilakukan secara offline di ruangan biologi umum lt.2 dan melalui zoom meeting. Hal tersebut dikarenakan terdapat penyampaian pemateri secara online

  Adapun yang menjadi pemateri pada acara WKTI 2023 yaitu Dr. Bambang Piluharto, S.Si.,M.Si. yang merupakan dosen jurusan Kimia FMIPA Universitas Jember dan Akhmad Khanif, S.Ant. yang merupakan salah satu lead mentor Science Hunter Indonesia (SHI). Pak Bambang merupakan salah satu dosen yang sudah sangat berpengalaman dalam menjadi dosen pendamping dalam kegiatan PKM dan berpengalaman dalam penulisan karya tulis ilmiah dengan melakukan beberapa penelitian yang memiliki output jurnal penelitian yang memumpuni. Kak khanif sendiri merupakan salah satu lead mentor Science Hunter Indonesia (SHI) yang sudah beberapa kali menjadi finalis dan pemenang dalam kegiatan PIMNAS, hal tersebut tentunya menjadi tanda bahwa kak khanif sudah cukup berpengalaman dalam bidang PKM.

  WKTI 2023 dihadiri oleh mahasiswa FMIPA yang berasal dari empat jurusan yaitu matematika, fisika, kimia dan biologi serta dari angkatan yang berbeda-beda baik dari angkatan 2019 sampai angkatan 2022. Selain mahasiswa FMIPA acara WKTI dihadiri oleh Pembina Himabio Bacteriophage yaitu bapak Mukhammad Su’udi, S.Si.,Ph.D selaku mewakili dua pembina ormawa lain yang sedang berhalangan untuk memberikan sambutan dalam kegiatan WKTI 2023. Sambutan lainnya juga disampaikan oleh ketua umum BEM FMIPA yang mewakili dua ketua umum HMJ yang berkolaborasi dan ketua panitia WKTI 2023. Acara setelah sambutan diisi langsung oleh pak Bambang untuk menyampaikan materi pertama mengenai Karya Tulis Ilmiah. Setelah penyampaian materi terdapat sesi tanya jawab yang cukup mendapatkan antusias yang sangat bagus dari peserta WKTI 2023. Peserta WKTI 2023 dapat berperan aktif dalam mengikuti penyampaian materi pertama. Acara selanjutnya yaitu penyampaian materi kedua yang mengupas tuntas tips and trik untuk lolos dalam perlombaan PIMNAS pada bidang PKM.

  Pemateri kedua disampaikan oleh kak Khanif yang merupakan salah satu lead mentor Science Hunter Indonesia (SHI). Sama seperti penyampaian pertama, penyampaian materi kedua dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang juga mendapatkan antusias yang sangat besar dari peserta WKTI 2023. Setiap setelah penyampaian materi diberikan jeda untuk pemberian cinderamata untuk para pemateri. Adapun akhir acara diisi dengan pengisian posttest dan kuesioner oleh peserta WKTI 2023. Tujuan dari pengisian posttest dan kuesioner untuk mengetahui pemahaman peserta WKTI 2023 dan mengukur minat dari peserta untuk mengikuti kegiatan KTI dan PKM secara berkelanjutan.

  Setelah pelaksanaan WKTI 2023 diharapkan untuk pemahaman dan minat mahasiswa FMIPA bisa meningkat dalam bidang kepenulisan. Sehingga jumlah pengajuan proposal PKM dari mahasiswa FMIPA bisa meningkat setiap tahunnya dengan diikuti peningkatan kualitas proposal yang dihasilkan sehingga bisa lolos dalam perlombaan PIMNAS. Selain itu juga, diharapkan bisa memberikan dampak positif dari manfaat menulis yang bisa diimplementasikan pada perlombaan essay, karya tulis ilmiah, poster maupun lomba lainnya seperti PIMNAS atau tingkat internasional.