ADVOCACY DAY

  Advocacy Day merupakan program kerja dari BEM FMIPA Universitas Jember yang dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terkait pelaksanaan advokasi di lingkungan FMIPA, serta meningkatkan kepekaan dan kepedulian mahasiswa terhadap isu-isu yang berkembang saat ini. Selain itu, advocacy day juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai apa itu advokasi untuk kepentingan mahasiswa, manfaat advokasi bagi mahasiswa dan cara mengimplementasikannya di lingkungan FMIPA secara terus menerus dengan mengikuti perkembangan zaman. Advocacy day dilaksanakan secara offline pada tanggal 9 April 2023 di ruang kuliah umum jurusan biologi dan diikuti oleh mahasiswa aktif FMIPA. Kegiatan ini mengusung tema “Advokasi disalurkan, Wujudkan Harapan, Kawal Perubahan, demi FMIPA Raih Kejayaan”. Tema ini diangkat untuk membangkitkan semangat mahasiswa dalam membuat dan mengawal perubahan pada FMIPA, sehingga di masa yang akan datang FMIPA dapat tumbuh menjadi lebih baik lagi.

  Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari. Kegiatan advocacy day ini berupa pemaparan materi yang akan membahas mengenai pengenalan advokasi, alur birokasi di FMIPA, penyelesaian advokasi di FMIPA, serta diskusi interaktif mengenai isu-isu yang berkembang sebagai upaya untuk meningkatkan semangat mahasiswa agar lebih berani dalam menyuarakan aspirasinya dengan tetap berpikiran positif. Pemaparan materi disampaikan oleh beberapa pemateri dan narasumber. Pemaparan pertama yaitu mengenai pengenalan dasar advokasi dan penyelesaian advokasi secara general yang disampaikan oleh Bapak Dr. Edy Wahyudi, S.Sos., M.M selaku Wakil Dekan III FISIP Universitas Jember. Selanjutnya, materi kedua mengenai alur birokasi di FMIPA dan penyelesaian advokasi di FMIPA, yang disampaikan oleh Ibu Purwatiningsih, S.Si., M.Si., Ph.D selaku Wakil Dekan II FMIPA Universitas Jember.

  Selain pemaparan materi, kegiatan advocacy day ini juga terdapat diskusi interaktif antara mahasiswa dengan pemateri yang berkompeten dibidangnya dan sesuai dengan topik yang diangkat. Adapun topik yang diangkat untuk diskusi adalah “Pentingnya Advokasi Mahasiswa dalam Berperan sebagai Agen Perubahan”. Diskusi interaktif ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kembali semangat mahasiswa dalam menyampaikan aspirasi dan membantu mahasiswa untuk lebih berpikir kritis dalam menghadapi permasalahan yang ada di lingkungan FMIPA. Kegiatan ini diakhiri dengan pengisian kuisioner untuk mengetahui tingkat kepuasan peserta sekaligus penilaian target keberhasilan dari pelaksanaan kegiatan.
Dokumentasi Kegiatan :